Breaking News
random

Validasi HTML5 Blogger Pada Sisi SEO

di
HTML5
Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mendiskusikan tentang pemahaman validasi HTML5 pada blogger yang konon katanya akan meningkatkan SEO. Belakangan berbagai spekulasi berkembang mengenai validasi HTML5 yang akan menaikan kualitas Search Engine Optimization . Tapi disisi lain ada yang berpendapat bahwa Validasi HTML5 tidak begitu penting bahkan tidak penting sama sekali pada blogger dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan SEO , benarkah ?. Sebelumnya kita akan mengenal terlebih dahulu apa itu HTML ?. 

HTML 

HTML ( Hyper Text Markup Language ) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web , menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web internet pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegrasi . HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners -Lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989. 

Sejarah dari standar HTML 

  • HTML 2.0 ( RFC 1886 ) Disetujui sebagai standar 22 September 1995 
  • HTML 3.2 pada 14 Januari 1996
  • HTML 4.0 pada 18 Desember 1997 
  • HTML 4.01 ( minor-fixes ) pada 24 Desember 1999 
  • ISO/IEC 15445 : 2000 ( ISO HTML , berdasar pada HTML 4.01 Strict pada 15 Mei 2000 
  • HTML5 masih dalam tahap pengerjaan / peninjauan lebih jauh . 
Pada dasarnnya HTML mirip dengan dokumen tulisan biasa , hanya dalam dokumen ini sebuah tulisan memuat intruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal TAG tertentu . Secara garis besar , terdapat 4 jenis element dari HTML. 
  • Struktural 
  • Presentasional 
  • Hiperteks 
  • Elemen Widget 
Namun untuk saat ini penggunaan tag HTML untuk menentukan tampilan telah dianjurkan untuk ditinggalkan , dan sebagai gantinya digunakan Cascading Style Sheets atau yang kita kenal dengan istilah CSS. Bicara HTML5 pada blogger kita pahami terlebih dahulu

Pengertian HTML5 

Revisi kelima dari HTML sebelumnya , tujuan utama HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru sehingga mudah dibaca oleh manusia dan mudah dibaca oleh mesin. HTML5 memberikan aturan detail untuk meleksikalkan dan memparsing sebagai persyaratan agar berbagai peramban web tetap memberikan hasil yang sama saat terjadi kesalahan sintaks . 

Apakah blogger harus valid HTML5 

Beberapa pendapat mencuat mengenai validasi HTML5 pada Blogger, salah satu pendapat dengan menggunakan semantik HTML5 pada blogger akan meningkatkan kualitas SEO , namun pendapat ini seolah sebuah spekulasi saja karena dalam meningkatkan SEO logikanya sangatlah kompleks . Seperti : 
  1. Originalitas Konten 
  2. Relevansi Konten
  3. Inbound dan Outbound Link 
  4. Visitor / Pengunjung 
  5. Optimasi Sosial Media dan lain-lain 
Contoh pada Baclink yang menjadi salah satu syarat  SEO , ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu dalam membangun sebuah backlink , karena baclink dapat membuat situs ranking tinggi atau sebaliknya . 
  • Link dari situs PR n/a yang tidak teroptimasi 
  • Link dari situs yang kena penalty Google 
  • Link dari situs yang dibenci Google 

Kenapa harus valid HTML5 

Validasi HTML5 seolah menjadi keharusan untuk struktur template blogger sehingga para kreator template berusaha membuat templatenya valid HTML5 , alasan dasar kenapa harus valid HTML5 , contoh untuk lebih menyempurnakan tampilan pada berbagai browser seperti yang dikatakan diatas, karena pengguna internet dalam aktivitas browsing tidak terpaku pada satu browser saja contoh ketika menggunakan Internet Explorer dengan Google  Chorme , Mozilla atau Opera akan terdapat perbedaan tampilan yang cukup signifikan . Nah dengan struktur template valid HTML5 maka aksesi dan tampilan web/blog akan mudah diakses dan terlihat rapi untuk semua browser.

Validasi HTML5 Top Website 

Kalau kita melihat validasi HTML5 pada website terkenal dunia , bahkan Google sendiri yang memiliki trafic dan PR tinggi justru sampai saat ini masih terdapat eror

  • http://www.google.com/ terdapat 25 Eror dan 4 Warning 
  • http://css-tricks.com/ terdapat 24 Eror dan 1 Warning 
  • https://www.facebook.com/ terdapat 38 Eror dan 4 Warning
  • https://twitter.com/ terdapat 13 Eror dan 3 Warning 
  • http://duniaradioku.blogspot.com/  7 Eror dan 1 Warning ( wkwkwkwk ) 
Dengan demikian saya punya kesimpulan sementara untuk semantik HTML5 pada blogger bukanlah sebuah permanen untuk meningkatkan SEO karena HTML5 hanya menitik beratkan pada sebuah aksesi mudah untuk berbagai browser dan mungkin hanya untuk sisi SEO sebagai penunjang saja . Pendapat yang mengatakan kalau validasi HTML5 pada blogger tidaklah penting , kenapa ? karena kode-kode eror HTML5 pada blogger justru terdapat pada mesin blogger-nya sendiri dan akan lebih baik memaksimalkan berbagai fitur pada blogger daripada mementingkan valiadsi HTML5 karena peramban / browser sekarang telah lebih canggih mungkin masuk akal. Namun demikian dengan valid-nya HTML5 pada blog akan memiliki struktur kode template yang lebih baik .

Bijaknya dari bahasan diatas mengenai validasi HTML5 pada struktur kode template blogger untuk SEO kembali pada pemahaman masing-masing

Resource : Berbagai sumber google

Artikel Menarik Lainnya :