Manfaat Dalam Berpuasa

Manfaat Dalam Berpuasa - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu bagi kaum muslimin diseluruh dunia karena bulan ini bulan yang penuh barokah dimana terdapat segala kenikmatan dan manfaat didalamnya . Kita tentu akan merasakan manfaat bulan ramadhan ini apabila kita menjalankannya penuh khusu dan ikhlas. Banyak manfaat yang bisa kita rasakan ketika kita berpuasa terutama bagi kesehatan jasmani dan rohani. Puasa memberikan efek yang sangat luarbiasa bermanfaatnya bagi kesehatan jasmani karena dengan berpuasa kita bisa mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. Makanan yang berlebihan gizi belum tentu baik untuk kesehatan seseorang . Kelebihan gizi atau overnutrisi akan mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi , jantung koroner , kencing manis ( Diabetes Militus ) , dan lain-lain. 

Pengaruh mekanisme puasa terhadap kesehatan jasmani meliputi berbagai aspek kesehatan , diantaranya
  • Memberikan kesempatan bagi alat pencernaan untuk beristirahat
  • Membebaskan tubuh dari racun , kotoran , dan ampas yang merusak kesehatan
  • Memblokir makanan untuk bakteri , virus dan sel kanker sehingga kuman-kuman tersebut tidak bisa bertahan hidup
  • Menambah jumlah sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh
  • Memperbaiki fungsi hormon yang diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia tubuh
  • Meremajakan sel-sel tubuh 
  • Meningkatkan fungsi organ tubuh 
  • Puasa dapat meningkatkan fungsi oragan reproduksi . Hal ini terkait dengan peremajaan sel-sel yang berpengaruh pada sel-sel urogenitalis dan alat-alat reproduksi lainnya. 
Kenapa disunahkan berbuka puasa dengan yang manis-manis ? 

Mengawali berbuka puasa dengan kurma atau dengan buah - buahan dan minuman yang manis seperti madu ternyata mengandung makna kesehatan karena buah-buahan dan minuman yang manis merupakan bahan bakar siap pakai yang dapat segera diserap oleh tubuh untuk memulihkan tenaga setelah seharian tubuh tidak disuplai oleh makanan dan minuman. Glukosa yang terkandung didalam buah-buahan dan minuman manis merupakan sumber energi utama bagi sel-sel tubuh . Glukosa efektif dibutuhkan ketika tubuh memerlukan masukan energi yang diperlukannya. 

Tapi ketika berpuasa pada beberapa orang , mempunyai keluhan seperti merasa lemas dan lesu atau stamina menurun , juga gangguan pencernaan seperti perut kembung dan gangguan lambung. Kalau sobat mempunyai keluhan seperti tiu , beberapa bahan  pangan tertentu seperti jahe , madu , temulawak , dan bahan-bahan lainnya dapat digunakan untuk mengatasi stamina menurun , kembung , dan gangguan lambung pada saat puasa. 

1. Madu 
Khasiat : Meningkatkan stamina serta mempertahankan stabilitas tubuh agar tetap sehat dan bugar , melancarkan proses metabolisme , untuk kecantikan dan awet muda , mencegah gangguan pencernaan , dan lain-lain 

2. Kurma 
Khasiat : Meningkatkan stamina dan energi , mencegah dan mengatasi anemia , melancarkan pembuangan , sebagai penenang dan mencegah pendarahan rahim. 

3. Jahe 
Khasiat : Meningkatkan stamina , mengatasi perut kembung , masuk angin , mual , muntah , sakit kepala , pusing , demam , dan lain-lain. 

4. Temu Lawak 
Khasiat : Mencegah kolesterol tinggi , meningkatkan stamina tubuh/tonikum , kurang darah , radang lambung /maag , perut kembung , dan lain-lain 

Nah itu dia beberapa manfaat berpuasa dan hikmah berbuka dengan memakan buah-buahan dan minuman manis serta beberapa tumbuhan yang dapat berguna untuk mengatasi keluhan saat berpuasa. Semoga bermanfaat ya Brotherz . Selamat menjalankan ibadah puasa . 

Artikel Menarik Lainnya :