Doorway Page & Cloaking

Selamat malam All
Postingan kali ini menjawab salah satu komentar dari sahabatku yang menanyakan tentang Tehnik Cloacking , karena pada bahasan sebelumnya tentang Web or Blog Spam salah satu tindakan spaming adalah dengan melakukan tehnik Cloacking tapi sebelum mengenal cloacking terlebih dahulu kita kenali Doorway page , karena doorway page sangat erat kaitan nya dengan tehnik cloacking


Doorway Page
Mengoptimalkan halaman web apalagi web perusahaan atau web portal yang isinya beragam bukanlah perkara mudah.Walaupun halaman index-nya sudah kita bolak- balik tetap saja sulit untuk mendapat posisi bagus untuk keyword tertentu dan biasanya ketika kondisi sudah seperti ini banyak yang menggunakan Doorway page. Doorway page adalah sebuah halaman web yang dibuat untuk menonjolkan satu sampai dua keyword saja . Satu atau dua keyword tersebut akan menjadi inti pembicaraan dari sebuah halaman , sehingga search engine akan menganggap isi halaman tersebut lebih relevan. Dari doorway page ini, bisa dipasang link yang mengarah kehalam index yang sebenarnya. Tapi penggunaan doorway page tetap saja memiliki keterbatasan , yaitu kita harus membuat halaman terpisah dari halaman index tapi anda tentunya ingin halaman utama tetap menjadi pintu gerbang bagi visitor.

Cloacking
Dengan cloaking , hal ini sangat dimungkinkan, cloaking adalah mengarahkan halaman tertentu ( halaman lain ) ketika search engine  mengunjungi situs tersebut dikenal dengan tehnik cloaking, atau dengan kata lain informasi atau konten yang dibaca oleh pengunjung ( manusia ) dengan dibaca search engine akan berbeda. atau lebih lengkapnya cloaking adalah sebuah tehnik pendeteksian pengunjung yang dilakukan melalui CGI script seperti PHP atau Perl. Script ini mampu mendeteksi IP dan user agent ( browser yang digunakan ) setiap pengguna, dan mampu mengenali pakah IP tersebut adalah milik pengunjung biasa atau spider dari sebuah search engine. Jika terdeteksi dari pengunjung biasa , maka akan diarahkan kehalaman index yang normal , namun jika terdeteksi sebagai spider , maka doorway page akan diberikan.

Sebagai contoh , anggaplah Originally Blog Contest menggunakan script cloack, yaitu index.php , maka setiap pengunjung yang masuk ke http://duniaradioku.blogspot.com selalu akan disambut index.php terlebih dahulu.Kemudian script ini akan medeteksi IP dari pengunjung tersebut dan mencocokan dengan koleksi IP search engine yang ada pada database. Script Cloack pada umumnya mempunyai database yang memuat ratusan IP spider dari berbaga search engine. Jika IP pengunjung yang dideteksi terdapat pada database, dapat dipastikan bahwa yang datang adalah sebuah spider. maka index.php dengan ramah akan menampilkan doorway page untuk spider tersebut. Namun jika IP tersebut tidak ditemukan maka halaman utama yang penuh dengan flash akan ditampilkan, karena yang datang dianggap sebagai pengunjung biasa.

Dari paparan diatas sobat tentu sudah paham tentang Doorway page dan Cloaking. Pertanyaan nya apakah menggunakan Cloaking beresiko ?? yang pasti setiap tindakan ada resikonya . Kerugian pertama , halaman indeks yang di cloack akan diakses lebih lambat dari halaman biasa , karena sebelum halaman ditampilkan , ada proses pendeteksian IP dan pembacaan IP. Dan resiko yang kedua , jika spider memiliki IP yang baru , dan script cloack anda belum sempat mengupdate database , maka rangking halaman tersebut akan turun drastis dan lebih parahnya lenyap dari peredaran ( Banned ).

Sebagian besar search engine menganggap tehnik cloacking sebagai spamming, sekali terdeteksi URL sobat akan lenyap untuk selamanya.
Okay gak kerasa panjang banget neh nulis , nanti lanjut ya sekarang giliran On Air , semoga bermanfaat



Artikel Menarik Lainnya :