Breaking News
random

Sejarah Rupiah

di
Hampir setiap hari kita melakukan transaksi dengan Rupiah , entah untuk belanja dipasar,swalayan,mall atau keperluan lainnya . Tapi tahukah sobat sejarah Rupiah ??


Rupiah merupakan mata uang resmi Republik Indonesia , mata uang ini di cetak dan diatur penggunaannya oleh Bank Indonesia , dengan kode ISO 4217 IDR Secara tidak formal. Orang indonesia juga menyebut rupiah dengan perak ,satu rupiah dibagi 100 sen, walaupun inflasi telah membuatnya tidak digunakan lagi kecuali hanya pada pencatatan di pembukuan bank.

Sejarah Rupiah
Perkataan '' Rupiah " berasal dari perkataan " Rupee" satuan mata uang India. Indonesia telah menggunakan mata uang Gulden Belanda dari tahun 1610 - 1817. Sejak tahun 1818 , diperkenalkan mata uang Gulden Belanda . Mata uang rupiah resmi diperkenalkan secara resmi pada Waktu Pendudukan Jepang sewaktu Perang Dunia II , dengan nama Rupiah Hindia Belanda. Setelah berakhirnya perang, Bank Jawa ( Javaans Bank atau sekarang Bank Indonesia ) memperkenalkan mata uang Rupiah Jawa sebagai pengganti. Mata Uang NICA yang dinuat oleh sekutu dan mata uang yang dibuat gerilya juga berlaku pada masa itu.

Pada April 1947 , Gubernur Propinsi Sumatra mengeluarkan rupiah URIPS-Uang Republik Indonesia Propinsi Sumatra. Sejak 2 November 1949 , empat tahun setelah merdeka ,Indonesia menetapkan Rupiah sebagai mata uang kebangsaannya yang baru. Kepulauan Riau dan Irian Barat. memiliki variasi rupiah mereka sendiri tetapi penggunaan mereka dibubarkan pada tahun 1964. di riau dan 1974 di irian barat.
Krisis Ekonomi Asia tahun 1988 menyebabkan nilai rupaih jatuh sebanyak 35 % dan membawa kejatuahn Soeharto.

Rupiah merupakan mata uang yang boleh ditukar dengan bebas tetapi diperdagangkan dengan penalti disebabkan inflasi yang tinggi.


Artikel Menarik Lainnya :