2 Prinsip Hidup Sukses Soeharto

di
Soeharto hidup dengan memegang falsafah jawa. Dia selalu merenungi nasihat-nasihat yang kemudian dijadikannya prinsip hidup.Diresapinya dan dijadikan tuntunan bagi perjalanan untuk kesuksesan dalam hidup.

2 Prinsip Hidup Sukses Soeharto

1. Aja Kagetan, Aja Gumunan dan Aja Dumeh
Pada masa kecilnya dibawah bimbingan ayah tirinya Atmopawiro. Soeharto mulai mengenal falsafah jawa.Saat itu pula soeharto mengenal ajaran " tiga " aja Aja Kagetan,Aja Gumunan dan Aja Dumeh
Artinya kira-kira : Jangan kagetan , jangan heran dan jangan mentang-mentang. Hal ini diresapi betul oleh pak harto." Ini kelak jadi penegak diri saya dalam menghadapi soal-soal mengguncangkan diri saya "
Inti Ajaran ini mengandung maksud menanamkan rasa sabar , tenang dan tidak sombong. Bila orang ingin berhasil dalam kehidupan bermasyarakat. keyakinan pada diri sendiri harus dipupuk dan dibina . Jangan sombong saat di amanahi jabatn.

2.Mikul Dhuwur , Mendem Jero
Mikul Dhuwur , mendem jero artinya menjunjung tinggi - tinggi , membenam dalam-dalam. Pribahasa ini mengajarkan cara anak berbakti pada orangtuanya. Seorang anak harus benar-benar menjaga nama baik orang tuanya ,serta saja-jasanya. Harus dijaga dan jangan sampai di nodainya.
Sebaliknya bila ada kesalahan orang tua , anak jangan mengungkit-ngungkit lebih baik di maafkan.Anak jaga harus meperlakukan orang tua dengan baik semasa hidup dan ketika sudah meninggal .

Sebenarnya ada 5 prinsip hidup sukses Soeharto namun aku sangat tertarik dengan kedua prinsip ini karena sarat akan makna. 

Artikel Menarik Lainnya :