Cara Terhindar dari Google Sundbox

Setelah akun gmail dan akun blog http://rulynakula12.blogspot.com/ terkena sanbox itu menjadi sangat panik bagiku dan akhirnya googling kesana kemari berharap ada tutorial yang menjelaskan cara keluar dari hukuman google itu . Tapi setelah kesana kemari aku tidak menemukan cara yang pasti keluar dari google sundbox dan hasil dari pencarian hanya masalah tentang cara keluar artikel yang terkena sandbox.

Dan tentunya kalian tidak mau hal yang dialami saya sobat alami juga , untuk menghindarinya coba kita lebih pahami tentang google sundbox ini .

Apa itu google Sundbox ?

Anda sebagai seorang blogger pasti sudah mendengar mengenai istilah ini minimal sekali. Apalagi jika Anda belajar seo, pasti Anda akan sangat familiar dengan istilah ini. kata eyang wikipedia.org Google Sandbox biasa juga dikenal dengan istilah sandbox effect.

Tahukah Anda bahwa Google Sandbox merupakan suatu keadaan di mana sebuah situs atau blog yang telah didaftarkan ke mesin pencari hilang dari peredaran SERP (Search Engine Result Pages) Google. Atau lebih akrab disebut oleh para webmaster dengan penjara Google. Biasanya situs yang terkena efek ini adalah yang umurnya masih muda, namun tidak menutup kemungkinan bagi situs yang mempunyai ranking bagus di Google juga terkena efek Google Sandbox.

Penyebab terkena Google Sundbox ?
  1. Melakukan optimasi blog (SEO) berlebihan, terutama seo offpage dengan menanam backlink secara tidak wajar dan berlebihan di tempat lain. Dengan maksud agar cepat mendapat popularitas, justru terjadi sebaliknya. Saat ini algoritma Google penguin telah diberlakukan untuk menghindari web spam di SERP Google. Google juga mempertimbangkan In-Bound dan Out-Bound Link, On Page dan Off Page. Hati-hati mengoptimasi blog. 
  2. Blog banyak berisi artikel atau konten yang tidak orisinal dan unik atau istilah topnya “Copas”. Algoritma Google terdahulu tidak dihapus dan terus dikembangkan. Algoritma Panda yang mendeteksi duplikat konten terus berjalan. Mungkin saat ini sebuah blog masih memiliki trafik kunjungan tinggi bahkan popularitas juga baik, meski blog tersebut Copas atau tidak orisinal. Bisa jadi Google belum mengetahui dan tunggu waktu saja. Banyak situs besar kena Algoritma Google yang sudah terbukti sangat pintar. 
  3. Konten blog tidak memiliki relevansi yang kuat dan fokus serta berkelanjutan untuk memberikan pengalaman yang berharga bagi pengunjung. Menurut Google guidelines artikel atau konten blog yang berkualitas google adalah kaya kosa kata, pengetahuan yang segar, unik dan memberikan pengalaman berharga untuk pengunjungnya. Bisa saja situs dengan popularitas tinggi (PR) dapat tampil di halaman awal untuk beberapa waktu saja, setelah itu akan berada di halaman yang jauh. 
  4. Dengan alasan tertentu, seperti ingin cepat ter-indeks atau agar bisa langsung berada di halaman awal SERP, akhirnya memasang script atau plug-in untuk melakukan cloaking atau melakukan duplikasi link yang mengarah pada satu konten dengan jumlah yang sangat banyak setiap hari.
 Tips mengeluarkan artikel yang terkena Sundbox :

1.Sebaiknya kita memang mesti mengurangi segala macam optimasi agar tidak berdampak lebih buruk terhadap artikel kita..Lebih baik kita memfaatkan waktu untuk mencari jalan keluar dari google sandbox terlebih dahulu, karena jika sudah terlepas dari perangkap sandbox otomatis artikel postingan kita akan kembali tampil si halaman depan search engine google..

2. Melakukan evaluasi & pengeditan..
Jika kita sudah mengetahui penyebab dari google sandbox, berarti sudah bisa memulai evaluasi terhadap artikel yang terkena sandbox tersebut dengan mencari kesalahan" yang mungkin ada & lakukan pengeditan pada artikel tersebut dengan menambahkan atau mengurangi beberapa kalimat di artikel tersebut & mengurangi penumpukan kata kunci..

3. Tetap Mengupdate konten
Kita semua pasti tahu,jika google sangat menyukai artikel yang fresh, dengan tetap melakukan update konten google akan lebih sering mampir & merayapi halaman di web/blog kita & akan menganggap web/blog kita bisa memberi informasi yang bermanfaat & itu akan berdampak sangat baik di untuk blog kita..

4. Membuat artikel dengan tema google sandbox.
Sebaiknya persiapkan juga sebuah artikel yang membahas tentang google sandbox, contohnya seperti artikel ini. Di dalam artikel sebaiknya jangan lupa memberikan internal link ke artikel yang terkena google sandbox &i external link ke google.co.id & google.com serta ke wikipedia & Google Webmaster Guidelines. lalu submit artikel dengan tema sandbox tersebut ke add url google

5. Submit ulang sitemap web/blog anda
Upaya ini kita lakukan agar search engine google kembali merayapi semua halaman web/blog kita & ping halaman utama web/blog anda..

6. Berdo'a..
Langkah terakhir yang sebaiknya anda lakukan adalah memperbanyak berdo'a  agar artikel kita bisa segera terlepas dari perangkap google sandbox, jangan pernah mengangap remeh do'a, karena doa sudah terbukti sangat ampuh mengatasi masalah yang sedang kita hadapi.

Dan pada kasus saya lebih parah bukan hanya artikel atau blog ULIN KARUHUN saja yang terkena hukuman google tapi akun gmail pun langusng dihapus. makanya selalu periksa email sobat dan lakukan check blog dan artikel sobat di Google Sundbox Checker Tool agar mengetahui status blog dan artikel kita dimata Google . Sekali lagi mudah2n artikel ini bisa bermanfaat buat para sahabat semua agar terhindar dari hukuman yang seperti saya alami.


Artikel Menarik Lainnya :